Guru adalah profesi yang sangat mulia. Karena gurulah yang membuat seseorang bisa menjadi presiden, jadi politisi, jadi profesor, jadi pengusaha dan lain-lain. 

Guru mengajar dan mendidik siswa dalam rangka mencetak generasi penerus bangsa yang berkualitas, berakhlak mulia, serta mampu melakukan perubahan-perubahan di tengah masyarakat . Bisa dikatakan bahwa gurulah tolak ukur keberhasilan dunia pendidikan di negri ini. Di tangan gurulah masa depan generasi muda ini ditentukan. 
Oleh karena itu, sebagai calon guru kita mesti mempertanggungjawabkan tugas mulia ini.

Terlebih kita sebagai calon guru fisika. Tentunya harus banyak inovasi-inovasi terbaru yang akan  kita lakukan demi anak didik kita. Fisika tentunya identik dengan hal-hal yang menyeramkan bukan? Nah, maka dari itu kita harus memikirkan bagaimana cara kita untuk merubah paradigma itu.

Ada beberapa cara untuk membuat peserta didik menyukai dan enjoy dengan pelajaran fisika yang sedang kita ajarkan, diantaranya :

1. Melakukan pendekatan dengan siswa. Cari tahu metode apa yang paling mereka senangi dalam kegiatan pembelajaran. Ada banyak metode pembelajaran fisika yang bisa kita terapkan di kelas.
2. Jangan mengajar terlalu fokus dengan rumus, tapi usahakan mereka paham akan konsep dasar fisika agar mereka lebih mengerti dan tidak dipusingkan dengan rumus-rumus yang menyeramkan.
3. Selingi kegiatan pembelajaran dengan humor-humor ringan, agar otak mereka tidak terlalu kaku dan bisa fresh kembali.
4. Ajak para siswa untuk jadi lebih interaktif selama kegiatan pembelajaran. Bila perlu diadakan diskusi dan tanya jawab agar kita sebagai guru tahu sejauh mana pemahaman mereka tentang materi yang kita ajarkan.
5. Beri mereka reward yang bisa memancing motivasi mereka untuk lebih giat dalam belajar fisika.
 
So, Do you want try??
Itulah 5 cara untuk membuat peserta didik menyukai dan enjoy dengan mata pelajaran fisika. Bila hal itu berhasil, dengan demikian kita akan mendapat predikat " A good physics teacher " dari mereka.  :D

GOOD LUCK FR


 
 
Start blogging by creating a new post. You can edit or delete me by clicking under the comments. You can also customize your sidebar by dragging in elements from the top bar.
 

    Author

    My name is Ferliana Iranti. I'm 19 years old. Now, I study physics education at Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA).
    Enjoy with my blog guys.. :D

    Archives

    April 2012

    Categories

    All